Game Engine : jMonkeyEngine

jMonkeyEngine adalah sebuah game engine yang dibuat khusus untuk pengembangan game 3D modern. Seluruh project-nya berbasis Java dengan dukungan OpenGL via LWJGL. jMonkeyEngine atau yang disingkat jME bersifat open source yang dirilis di bawah lisensi BSD. Game engine ini digunakan oleh beberapa studio game komersil dan juga dalam dunia pendidikan.

Fitur

Shaders
Pada jME3 menggunakan shaders menjadi lebih mudah
GLSL
Shader libraries
Shader permutations

Pencahayaan
Pencahayaan per-pixel
Pencahayaan multi-pass
Pencahayaan Phong
Diffuse Map
Alpha Map
Glow Map
Bump Map
Specular Map
Parallax Map
Tangent Shading
Pencerminan

Physics
Menggunakan jBullet, sebuah port Java dari Bullet Physics library yang digunakan pengembang terkemuka.

JBullet binding
Physical characters
Physical joints and hinges
Ray-cast physics
Ragdoll physics
Multi-threaded physics
Mesh-accurate collision shapes

Special Effects
Particles: asap, api, ledakan, dll
Post processing/ 2D Filter Effects
Pencerminan Air
Pemetaan bayangan
High Dynamic Range rendering
Screen Space Ambient Occlusion
Hamburan Cahaya
Efek Kartun
Kabut
Bunga Mekar
Depth of Field Blur

Asset System
Menggunakan file deskripsi untuk material, model, UI, desainer agar dapat bekerja menggunakan aset secara independen dari programmer.

Asset importing
Animasi
Mesh
Tekstur
Adegan
Material
Shaders
Memuat aset multi-threading via HTTP
Memuat adegan dari file ZIP
AssetPacks yang dapat dipakai bersama

Supported Formats
Model: Ogre Mesh XML, Ogre DotScene
Model: Wavefront OBJ, MTL
Tekstur: DDS, HDR, PFM, TGA, JPG, PNG, GIF
Huruf: Bitmap fonts
Audio: WAV and OGG (OpenAL, Ogg Vorbis)
Video: OGV (Ogg Vorbis)
File biner jME3 (obyek dan adegan): j30
Material jME3: j3m
Definisi Material jME3: j3md

Texturing
Texturing
Multi-texturing melalui shader
Gambar percikan tekstur

Terrain
Geomipmapped hightmap terrain
Import Ogre3D dotScene format
SkyBox and SkyDome
Pencahayaan terrain

Graphical User Interface
Orthogonal (Billboard) node
Inegrasi GUI yang bagus
Text fields
List boxes
Drop-downs
Sliders & scrollbars
Scrollpanel


Networking
SpiderMonkey
UDP
TCP
Compression
Thread safe

Miscellaneous
Perintah dan Kontrol untuk melaksanakan logika permainan
Cinematics and motion paths
Sistem Kamera
Tampilan normal atau paralel
Lebih dari satu tampilan
Swing canvas (misalnya untuk Applets)
Input handling
Mouse, keyboard, joystick
Gerakan combo

sumber:
http://www.wikipedia.org
http://jmonkeyengine.com

0 comments:

Post a Comment