iOS4 dari apple

iOS4 adalah versi ke-4 dari iOS yang merupakan sistem operasi mobile buatan apple. iOS awalnya ditujukan untuk iPhone, kemudian dikembangkan untuk dapat berjalan pada produk-produk apple lainnya seperti iPod Touch dan iPad. Namun Perangkat yang dapat menggunakan iOS4 saat ini hanya iPhone 3G dan 3GS, serta iPod Touch 2G dan 3G. Untuk tambahan, apple hanya mengizinkan sistem operasi ini untuk dapat berjalan pada perangkat-perangkat buatannya saja.

Hampir semua perintah pada perangkat yang menggunakan iOS diberikan melalui touch-screen. Tampilan elemen pengendali pada iOS berupa sliders, switches, dan buttons. Sedangkan unutuk berinteraksi, pengguna dapat menggunakan apa yang disebut multi-touch gestures seperti swiping, tapping, pinching, dan reverse pinching.

iOS4 antara satu jenis dan tipe perangkat apple memiliki sedikit perbedaan dengan jenis dan tipe lainnya. Hal tersebut terjadi karena perbedaan kemampuan hardware. Jadi jangan heran jika ada fitur pada iPhone 3GS yang tidak terdapat pada iPhone 3G. Begitu juga dengan iPod Touch, yang bisa dibilang adalah iPhone tapi minus kemampuan yang dimiliki sebuah telepon.


iOS4 yang diluncurkan pada tanggal 21 Juni 2010 itu, menawarkan berbagai fitur baru. Namun inovasi yang paling penting adalah multitasking dan fungsi folder.Dengan adanya kemampuan multitasking memungkinkan pengguna untuk menjalankan suatu aplikasi dan beralih ke aplikasi lain secara langsung tanpa memperlambat kinerja aplikasi foreground. Sebuah folder di iOS 4 adalah kelompok aplikasi yang dapat diakses dengan menekan sebuah ikon di layar Home iPhone atau iPod Touch. Dengan kemampuan tersebut, pengguna dapat mengumpulkan aplikasi-aplikasi sejenis pada suatu folder agar tampilan Home terlihat lebih rapi.

sumber : wikipedia, apple


0 comments:

Post a Comment