Lika Liku Game Online

Game Online adalah teknologi dalam bermain video game (umumnya pada komputer) yang dapat dimainkan menggunakan jaringan komputer, umumnya internet. Kebanyakan game online dibuat untuk dimainkan oleh lebih dari satu pemain (multiplayer), tapi ada juga game online yang hanya bisa dimainkan sendirian (singleplayer). Freeonlinegames.com adalah salah satu situs yang menyediakan banyak mini game online yang kebanyakan hanya bisa dimainkan secara single player.

Tapi kurang seru jika bermain sendirian saja, kurang rame. Untuk itulah ada yang namanya Massively multiplayer online games (MMOG) yang memungkinkan ratusan bahkan ribuan pemain dapat bermain pada suatu server secara bersamaan. MMOG sendiri masih banyak jenisnya:
-MMORPG (Massively multiplayer online role-playing game)
-MMORTS (Massively multiplayer online real-time strategy)
-MMOFPS (Massively multiplayer online first-person shooting)
-MMOSG (Massively multiplayer online social game)

Dari keempat jenis di atas, yang paling banyak digemari khususnya di Indonesia, khususnya lagi di warnet-warnet yaitu MMORPG dan MMOFPS. MMORPG singkatnya adalah jenis game RPG yang dimainkan secara beramai-ramai dalam waktu bersamaan. Pemain umumnya mengendalikan suatu tokoh untuk menjadi lebih kuat dengan menaikkan levelnya dan mencari perlengkapan(equipment) yang sesuai dengan kemampuan tokoh tersebut. Game MMORPG diantaranya Ragnarok Online, Seal Online, Risk Your Life, Rising Force, Rune of Magic, Perfect World, dll. Sedangkan MMOFPS adalah game tembak-tembakan yang dimainkan banyak pemain. Pada game jenis ini umumnya terdapat dua kelompok yang saling menyerang untuk mengumpulkan point. Game MMOFPS diantaranya Counter Strike Online, Call of Duty Online, Battle Field Online, Point Blank, dll.

Bagi sebagian orang bermain game online memang mengasikkan, dan kadang membuat lupa waktu. Beberapa bahkan merelakan bolos sekolah, bolos kampus, atau bolos kerja, demi kepentingan pada dunia maya tersebut. Mereka bahkan rela mengeluarkan uang lebih untuk memperkuat karakter yang mereka bangun. Lebih parah lagi ada yang sampai lupa bahwa mereka punya kehidupan "beneran" di dunia nyata. Tapi ada juga yang menjadikan game online sebagai mata pencaharian. Golongan ini bermain bukan hanya untuk sekedar senang-senang, tapi mereka juga melihat peluang bisnis dari kehadiran game online tertentu. Mereka bisa mangais rupiah dari menjual item, uang (pada game), karakter, dll kepada pemain lain.

0 comments:

Post a Comment