E-commerce dan Suka Dukanya

Saat ini mungkin kita sering mendengar hal-hal khususnya dalam bidang teknologi dengan huruf "e" di depannya seperti, e-mail, e-banking, e-learning, e-book, dan e-e-lainnya. Setiap huruf "e" pada istilah-istilah tersebut memiliki kepanjangan yang sama yaitu "electronic". Pada tulisan ini saya akan membahas secara alakadarnya tentang e-commerce, jadi silahkan disimak.

Sesuai penjelasan sebelumnya, e-commerce berarti kependekan dari electronic-commerce yaitu pembelian, penjualan, dan pemasaran barang atau jasa melalui sistem elektronik (pada umumnya internet). Saat ini situs penyedia fasilitas e-commerce yang paling dikenal adalah ebay dan amazon.
e-commerce mencakup:
-perdagangan via internet (internet commerce),
-perdagangan dengan fasilitas web internet (web e-commerce)'
-perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik (electronic data interchange).
E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Berikut adalah tahapan-tahapan dalam transaksi elektronik melalui e-commerce :
1. E-customer dan e-merchant bertemu dalam dunia maya melalui server yang disewa dari Internet Server Provider (ISP) oleh e-merchant.
2. Transaksi melalui e-commerce disertai term of use dan sales term condition atau klausula standar, yang pada umumnya e-merchant telah meletakkan klausula kesepakatan pada website-nya, sedangkan e-customer jika berminat tinggal memilih tombol accept atau menerima.
3. Penerimaan e-customer melalui mekanisme “klik” tersebut sebagai perwujudan dari kesepakatan yang tentunya mengikat pihak e-merchant.
4. Pada saat kedua belah pihak mencapai kesepakatan, kemudian diikuti dengan proses pembayaran, yang melibatkan dua bank perantara dari masing-masing pihak yaitu acquiring merchant bank dan issuing customer bank.Prosedurnya e-customer memerintahkan kepada issuing customer bank untuk dan atas nama e-customer melakukan sejumlah pembayaran atas harga barang kepada acquiring merchant bank yang ditujukan kepada e-merchant.
5. Setelah proses pembayaran selesai kemudian diikuti dengan proses pemenuhan prestasi oleh pihak e-merchant berupa pengiriman barang sesuai dengan kesepakatan mengenai saat penyerahan dan spesifikasi barang.

Pembayaran dalam transaksi e-commerce dapat dilakukan melalui kartu kredit, smart cards, rekening bank, atau Paypal. Paypal adalah salah satu alat pembayaran menggunakan internet yang teraman dan paling banyak digunakan dalam transaksi elektronik. Paypal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang secara tradisional yang prosesnya cukup lama.

Manfaaat e-commerce bagi penjual(e-merchant):
-Mengurangi biaya operasional, e-merchant bisa berjualan tanpa harus keluar duit buat beli atau nyewa toko beneran.
-Mempersingkat waktu dalam pengiriman barang maupun peneriamaan pembayaran.
-Pemasaran yang luas, bisa sampai level internasional(global)
-Meningkatkan kreativitas penjual, karena teknologi semakin murah dan terjangkau bagi berbagai kalangan mengharuskan penjual bersaing dengan sehat.
-mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas.

Manfaat e-commerce bagi pembeli(e-customer):
-Menyediakan banyak pilihan, calon pembeli dapat membandingkan produk yang ditawarkan dengan cepat
-Hemat tenaga, sangat cocok buat yang males bergerak.
-Dapat melakuakan pembelian kapan saja
-Aman secara fisik, bebas copet, jambret, apalagi curanmor.

Permasalahan dan resiko e-commerce :
-Penipuan, karena tidak bertemu langsung, dapat terjadi penipuan bagi kedua belah pihak
-Krisis kepercayaan, tidak semua calon pembeli 100% percaya dengan apa yang ditawarkan
-Hukum terkait yang tidak jelas
-Pencurian informasi yang berharga
-Kena virus
-dan
-lain
-lain

sumber :
wikipedia

0 comments:

Post a Comment