E-commerce dan Suka Dukanya

Saat ini mungkin kita sering mendengar hal-hal khususnya dalam bidang teknologi dengan huruf "e" di depannya seperti, e-mail, e-banking, e-learning, e-book, dan e-e-lainnya. Setiap huruf "e" pada istilah-istilah tersebut memiliki kepanjangan yang sama yaitu "electronic". Pada tulisan ini saya akan membahas secara alakadarnya tentang e-commerce, jadi silahkan disimak.

Sesuai penjelasan sebelumnya, e-commerce berarti kependekan dari electronic-commerce yaitu pembelian, penjualan, dan pemasaran barang atau jasa melalui sistem elektronik (pada umumnya internet). Saat ini situs penyedia fasilitas e-commerce yang paling dikenal adalah ebay dan amazon.
e-commerce mencakup:
-perdagangan via internet (internet commerce),
-perdagangan dengan fasilitas web internet (web e-commerce)'
-perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik (electronic data interchange).
E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Berikut adalah tahapan-tahapan dalam transaksi elektronik melalui e-commerce :
1. E-customer dan e-merchant bertemu dalam dunia maya melalui server yang disewa dari Internet Server Provider (ISP) oleh e-merchant.
2. Transaksi melalui e-commerce disertai term of use dan sales term condition atau klausula standar, yang pada umumnya e-merchant telah meletakkan klausula kesepakatan pada website-nya, sedangkan e-customer jika berminat tinggal memilih tombol accept atau menerima.
3. Penerimaan e-customer melalui mekanisme “klik” tersebut sebagai perwujudan dari kesepakatan yang tentunya mengikat pihak e-merchant.
4. Pada saat kedua belah pihak mencapai kesepakatan, kemudian diikuti dengan proses pembayaran, yang melibatkan dua bank perantara dari masing-masing pihak yaitu acquiring merchant bank dan issuing customer bank.Prosedurnya e-customer memerintahkan kepada issuing customer bank untuk dan atas nama e-customer melakukan sejumlah pembayaran atas harga barang kepada acquiring merchant bank yang ditujukan kepada e-merchant.
5. Setelah proses pembayaran selesai kemudian diikuti dengan proses pemenuhan prestasi oleh pihak e-merchant berupa pengiriman barang sesuai dengan kesepakatan mengenai saat penyerahan dan spesifikasi barang.

Pembayaran dalam transaksi e-commerce dapat dilakukan melalui kartu kredit, smart cards, rekening bank, atau Paypal. Paypal adalah salah satu alat pembayaran menggunakan internet yang teraman dan paling banyak digunakan dalam transaksi elektronik. Paypal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang secara tradisional yang prosesnya cukup lama.

Manfaaat e-commerce bagi penjual(e-merchant):
-Mengurangi biaya operasional, e-merchant bisa berjualan tanpa harus keluar duit buat beli atau nyewa toko beneran.
-Mempersingkat waktu dalam pengiriman barang maupun peneriamaan pembayaran.
-Pemasaran yang luas, bisa sampai level internasional(global)
-Meningkatkan kreativitas penjual, karena teknologi semakin murah dan terjangkau bagi berbagai kalangan mengharuskan penjual bersaing dengan sehat.
-mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas.

Manfaat e-commerce bagi pembeli(e-customer):
-Menyediakan banyak pilihan, calon pembeli dapat membandingkan produk yang ditawarkan dengan cepat
-Hemat tenaga, sangat cocok buat yang males bergerak.
-Dapat melakuakan pembelian kapan saja
-Aman secara fisik, bebas copet, jambret, apalagi curanmor.

Permasalahan dan resiko e-commerce :
-Penipuan, karena tidak bertemu langsung, dapat terjadi penipuan bagi kedua belah pihak
-Krisis kepercayaan, tidak semua calon pembeli 100% percaya dengan apa yang ditawarkan
-Hukum terkait yang tidak jelas
-Pencurian informasi yang berharga
-Kena virus
-dan
-lain
-lain

sumber :
wikipedia

Pentingnya Studi Kelayakan dalam Siklus Hidup Sistem

Mungkin semua sudah tahu definisi dari sistem, yaitu sekelompok elemen yang diintegrasikan dengan fungsi umum untuk mencapai tujuan (Raymond McLeod). Tapi setiap orang tentu saja boleh mengartikan kata sistem sesuai pengetahuan masing-masing. Terlepas dari itu, pada tulisan kali ini saya akan coba membahas tentang studi kelayakan. Jadi mau ngebahas studi kelayakan? Kenapa pake ada sistem-sisteman segala?

Membuat studi kelayakan adalah suatu langkah yang terdapat pada tahap perencanaan dalam siklus hidup sistem (system life cycle-SLC-). Siklus hidup sistem adalah penerapan pendekatan sistem untuk pengembangan dan penggunaan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer. Jadi gak salah dong kalau di atas ada sistem-sistemannya. Kalau mau lengkap, sebenarnya dalam siklus hidup sistem terdapat lima tahap: 1.perencanaan; 2. Analisis; 3. Rancangan; 4. Penerapan; dan 5. Penggunaan.

Studi kelayakan adalah suatu kegiatan meninjau atau mempelajari faktor-faktor utama yang akan mempengaruhi sistem untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan. Dalam studi kelayakan dikenal enam dimensi kelayakan:
-Teknis: tersediakah perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan?
-Pengembalian ekonomis: dapatkah sistem yang diajukan memberikan keuntungan secara keuangan.
-Pengembalian non ekonomis: dapatkah sistem yang diajukan memberikan keuntungan yang tidak dapat diukur dengan uang?
-Hukum dan etika: dapatkah sistem yang diajukan berjalan sesuai dengan hukum dan etika yang ada?
-Operasional: akankah rancangan sistem yang diajukan didukung oleh orang-orang yang menggunakannya?
-Jadwal: mungkinkah sistem yang diajukan dapat diterapkan dalam waktu yang ditetapkan?

Studi kelayakan pada siklus hidup sistem memiliki peran penting dalam menentukan apakah suatu rancangan sistem yang diajukan dapat dikerjakan atau ditunda atau bahkan tidak dijalankan. Suatu perusahaan atau organisasi pasti tidak ingin sistem baru yang dijalankannya ternyata tidak membawa perbaikan atau bahkan berefek buruk bagi perusahaan atau organisasi tersebut. Apalagi dengan asumsi bahwa kondisi yang akan datang penuh dengan ketidakpastian, maka diperlukan pertimbangan-pertimbangan yang matang dalam melakukan studi kelayakan.


Sumber:
http://elearning.gunadarma.ac.id/index.php?option=com_wrapper&Itemid=36
wikipedia
http://www.scribd.com/doc/24125919/Metodologi-siklus-hidup-sistem
http://www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab8.pdf

Menyimpan Gambar pada Photobucket

Selain di komputer atau media penyimpanan sendiri, kita juga bisa menyimpan gambar di internet. Banyak situs yang menawarkan jasa penyimpanan gambar secara online (image hosting), salah satunya adalah Photobucket. Menyimpan gambar di Photobucket dapat dilakukan untuk berbagai keperluan. Kalau saya sendiri biasanya untuk menyimpan gambar pada header (judul blog), seperti pada gambar header blog saya di atas. Tapi sebaiknya hati-hati atau jangan menyimpan gambar yang sifatnya pribadi di internet, karena bisa disalahgunakan oleh orang yang memiliki niat tidak baik.

Untuk meng-upload gambar ke photobucket cukup mudah. Pertama anda harus punya account-nya dulu. Jika tidak tentu saja harus melakukan registrasi dengan langkah seperti ini:

-Buka http://photobucket.com atau klik disini, maka muncul tampilan awalnya.
-Kemudian klik tombol "Join Now. It,s Free" seperti pada gambar dibawah.
-Setelah itu mengisi Username dan Password yang diinginkan. Lalu klik tombol "Next step".
-Kemudian isi data lain yang diminta, dan klik tombol "I accept. Sign me up!". Dengan begitu Anda sudah mempunyai account di Photobucket.

Setelah registrasi bisa langsung meng-upload gambar, caranya:

-Klik tombol "Upload images & videos".
-Lalu pilih gambar apa yang ingin di-upload.
-Tunggu sampai proses loading selesai.
-Setelah itu masukkan judul, penjelasan, dan tags gambar. Lalu klik tombol "Save".
Selain Photobucket, situs yang menyediakan fasilitas image hosting diantaranya:
-Flicker
-Imageshack
-Picasa
-dll


Kita Adalah Minoritas


Berdiri diam di ujung lorong
Memandang lurus ke balik cermin
Semua kosong hanya bayangan
Dimana refleksi diri turut mengolok
Kemanapun kaki melangkah
Selalu berbuah cerca dan hina
Mereka ada untuk membuat kita jatuh
Menatap sinis bekukan simpati
Mengapa kita bukan mereka
Tak ada yang salah dengan kita
Kita hanya minoritas

Ribuan suara tanpa kata
Nyaring menggaung mengoyak telinga
Kita benar dalam penolakan
Hanya mengambil jalan yang berbeda
Selera kita melawan arah
Pola pikir kita bertolak belakang
Tapi kita tetap terbungkam
tetap teriak dalam air
Karena kita bukan mereka
Karena kita minoritas

Lika Liku Game Online

Game Online adalah teknologi dalam bermain video game (umumnya pada komputer) yang dapat dimainkan menggunakan jaringan komputer, umumnya internet. Kebanyakan game online dibuat untuk dimainkan oleh lebih dari satu pemain (multiplayer), tapi ada juga game online yang hanya bisa dimainkan sendirian (singleplayer). Freeonlinegames.com adalah salah satu situs yang menyediakan banyak mini game online yang kebanyakan hanya bisa dimainkan secara single player.

Tapi kurang seru jika bermain sendirian saja, kurang rame. Untuk itulah ada yang namanya Massively multiplayer online games (MMOG) yang memungkinkan ratusan bahkan ribuan pemain dapat bermain pada suatu server secara bersamaan. MMOG sendiri masih banyak jenisnya:
-MMORPG (Massively multiplayer online role-playing game)
-MMORTS (Massively multiplayer online real-time strategy)
-MMOFPS (Massively multiplayer online first-person shooting)
-MMOSG (Massively multiplayer online social game)

Dari keempat jenis di atas, yang paling banyak digemari khususnya di Indonesia, khususnya lagi di warnet-warnet yaitu MMORPG dan MMOFPS. MMORPG singkatnya adalah jenis game RPG yang dimainkan secara beramai-ramai dalam waktu bersamaan. Pemain umumnya mengendalikan suatu tokoh untuk menjadi lebih kuat dengan menaikkan levelnya dan mencari perlengkapan(equipment) yang sesuai dengan kemampuan tokoh tersebut. Game MMORPG diantaranya Ragnarok Online, Seal Online, Risk Your Life, Rising Force, Rune of Magic, Perfect World, dll. Sedangkan MMOFPS adalah game tembak-tembakan yang dimainkan banyak pemain. Pada game jenis ini umumnya terdapat dua kelompok yang saling menyerang untuk mengumpulkan point. Game MMOFPS diantaranya Counter Strike Online, Call of Duty Online, Battle Field Online, Point Blank, dll.

Bagi sebagian orang bermain game online memang mengasikkan, dan kadang membuat lupa waktu. Beberapa bahkan merelakan bolos sekolah, bolos kampus, atau bolos kerja, demi kepentingan pada dunia maya tersebut. Mereka bahkan rela mengeluarkan uang lebih untuk memperkuat karakter yang mereka bangun. Lebih parah lagi ada yang sampai lupa bahwa mereka punya kehidupan "beneran" di dunia nyata. Tapi ada juga yang menjadikan game online sebagai mata pencaharian. Golongan ini bermain bukan hanya untuk sekedar senang-senang, tapi mereka juga melihat peluang bisnis dari kehadiran game online tertentu. Mereka bisa mangais rupiah dari menjual item, uang (pada game), karakter, dll kepada pemain lain.