Web Search Engine

Bagi yang sering mencari data melalui internet pasti sudah akrab dengan yang namanya Search Engine. Search engine yang dalam bahasa Indonesia berarti mesin pencari, adalah suatu program komputer yang dapat digunakan untuk menemukan file-file yang disimpan dalam komputer. File-file tersebut dapat berupa artikel, gambar, halaman web, dll. Kita dapat mencari suatu file dengan memasukkan kata-kata yang terkandung dalam file tersebut. Makin spesifik kata yang kita masukkan, hasil yang muncul semakin mendekati atau sesuai dengan yang kita inginkan. Saat ini web search engine yang paling sering digunakan adalah Google.
Web search engine (mesin pencari web) bekerja dengan menyimpan informasi tentang halaman web, menganalisa isinya, dan memberikan indeks. Lalu informasi-informasi tersebut disimpan ke dalam database indeks, untuk kemudian diambil jika ada yang melakukan pencarian. Saat seseorang menggunakan jasa search engine tersebut dengan memasukkan kata kunci (keyword), komputer akan mencari indeks dan menampilkan halaman web yang mengandung kata kunci yang dimasukkan. Selain Google web search engine yang juga cukup dikenal adalah MSN Search dan Yahoo!.


Sekilas Firefox

Mozilla Firefox adalah Web Browser gratis dan open source yang sekarang menjadi web browser terpopuler kedua setelah Internet Explorer. Sebenarnya nama asli Firefox adalah Phoenix, yang kemudian diubah karena sudah ada merek dagang yang bernama Phoenix Technologies. Firefox pertama yang dirilis yaitu versi 1.0 yang dirilis pada tanggal 9 November 2004, dan di-download lebih dari 5 juta pengguna dalam 12 hari pertama. Firefox dapat digunakan pada berbagai sistem operasi seperti GNU, Windows, Mac OS X, Linux, BSD, Solaris, dan Open Solaris. Hingga kini web browser tersebut tersedia dalam sekitar 75 bahasa, interface yang menggunakan Bahasa Indonesia pertama muncul pada versi 3.0 yang diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2008.

Gambar tampilan awal Firefox

The Quick Brown Fox Jumps Over The Lazy Dog

Coba deh buka Microsoft Word 2007 lalu ketikkan "=rand.old(1,1)" (tanpa tanda kutip), kemudian tekan enter. Maka akan muncul kalimat The quick brown fox jumps over the lazy dog. Kalimat tersebut muncul bukannya tanpa maksud. The quick brown fox jumps over the lazy dog merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Inggris yang dipilih karena mengandung semua huruf pada afabet latin (a-z). Kalimat ini biasanya dipakai para tipografer (perancang/pencipta font) untuk mengetes font ciptaannya.

Sedangkan "rand.old(1,1)" yang deketikkan tadi merupakan fungsi pada Microsoft Word 2007 yang digunakan untuk menampilkan sample text pada Mirosoft Word 2003 dan versi-versi sebelumnya. Parameter (angka yang terletak di dalam kurung) juga dapat diubah. Jika pada contoh ini, artinya menampilkan satu paragraf dengan satu kalimat tiap paragrafnya.