Sistem Pakar

Kebutuhan manusia yang makin bercabang membuat komputer terus, terus, dan terus berkembang. Berawal dari alat hitung berkemampuan kecil dengan ukuran raksasa hingga kecerdasan yang dimasukkan ke dalamnya. Komputer kini (sebenarnya sudah dari lama) memiliki kemampuan untuk melakukan penalaran terhadap suatu masalah, bahkan dipanggil pakar (expert). Kasarnya, sekarang komputer dikembangkan untuk membantu manusia yang tidak mampu berpikir lebih baik dari mesin (jangan tersinggung..).

Sistem pakar (expert system) adalah suatu program komputer yang dapat digunakan untuk memberikan solusi atau saran terhadap suatu masalah pada bidang tertentu layaknya seorang pakar sungguhan. Sistem pakar merupakan subset (bagian) dari kecerdasan buatan (artificial intelligence) karena kemampuannya untuk melakukan penalaran terhadap masalah. Sistem pakar memiliki kemampuan untuk: menjawab berbagai pertanyaan yang menyangkut bidang keahliannya, menyajikan asumsi dan alur penalaran yang digunakan untuk sampai ke jawaban yang dikehendaki, menambah fakta kaidah (rule) dan alur penalaran sahih yang baru ke dalam otaknya.

Sistem pakar dan kecerdasan buatan adalah sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa komputer akan terus berkembang bahkan akan melebihi kemampuan berpikir manusia pada umumnya. Dalam dunia perkantoran, seorang pemimpin perusahaan mungkin akan lebih memilih mengeluarkan uang untuk membeli program sistem pakar daripada membayar seorang ahli. Dengan kemampuan tersebut, kita seperti menunggu waktu sampai komputer "menggantikan peran dan mencuri pekerjaan" manusia dalam berbagai bidang.

0 comments:

Post a Comment