Sistem Pakar

Kebutuhan manusia yang makin bercabang membuat komputer terus, terus, dan terus berkembang. Berawal dari alat hitung berkemampuan kecil dengan ukuran raksasa hingga kecerdasan yang dimasukkan ke dalamnya. Komputer kini (sebenarnya sudah dari lama) memiliki kemampuan untuk melakukan penalaran terhadap suatu masalah, bahkan dipanggil pakar (expert). Kasarnya, sekarang komputer dikembangkan untuk membantu manusia yang tidak mampu berpikir lebih baik dari mesin (jangan tersinggung..).

Sistem pakar (expert system) adalah suatu program komputer yang dapat digunakan untuk memberikan solusi atau saran terhadap suatu masalah pada bidang tertentu layaknya seorang pakar sungguhan. Sistem pakar merupakan subset (bagian) dari kecerdasan buatan (artificial intelligence) karena kemampuannya untuk melakukan penalaran terhadap masalah. Sistem pakar memiliki kemampuan untuk: menjawab berbagai pertanyaan yang menyangkut bidang keahliannya, menyajikan asumsi dan alur penalaran yang digunakan untuk sampai ke jawaban yang dikehendaki, menambah fakta kaidah (rule) dan alur penalaran sahih yang baru ke dalam otaknya.

Sistem pakar dan kecerdasan buatan adalah sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa komputer akan terus berkembang bahkan akan melebihi kemampuan berpikir manusia pada umumnya. Dalam dunia perkantoran, seorang pemimpin perusahaan mungkin akan lebih memilih mengeluarkan uang untuk membeli program sistem pakar daripada membayar seorang ahli. Dengan kemampuan tersebut, kita seperti menunggu waktu sampai komputer "menggantikan peran dan mencuri pekerjaan" manusia dalam berbagai bidang.

Mereka yang Memberi Warna

Pantaskah kita bersuka cita?
Berjingkrak-jingkrak di atas warna-warni
Padahal sekarang bukanlah waktunya
Untuk kita menanggalkan sakitnya perjuangan
Bukankah masa depan masih terlalu abu-abu?
Dengan kegagalan menanti di kanan kiri jalan
Dan basa basi yang makin mengambang
Kita masih jauh dari hitam ataupun putih
Masih berada dalam daftar tunggu
Sampai mereka memberikan warna
Warna yang terang dan berkilau, tapi tidak mencolok
Kita tidak akan pernah mengerti mengapa
Ketika semua warna-warni itu terlihat tanpa beda
Sampai kita jenuh dan merasa abu-abu

Mari Ber-Wikipedia

Mencari informasi melalui jaringan internet sekarang adalah hal yang lazim dilakukan, baik untuk menyelesaikan tugas, maupun keperluan lainnya. Mungkin bagi sebagian orang lebih terbiasa melakukannya lewat Google (nge-googling). Memang tidak ada salahnya, tapi jika informasi tersebut berupa referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan untuk pengerjaan tugas ilmiah, saya lebih suka mencari langsung dari Wikipedia (sebenarnya bisa juga dari google). Alasannya, karena di Google kemungkinan besar kita tidak bisa langsung menemukan informasi tersebut.

Kenapa Wikipedia? Karena Wikipedia merupakan ensiklopedia gratis yang bisa diakses oleh siapapun yang memiliki akses ke internet dan tersedia dalam banyak bahasa (termasuk Bahasa Indonesia). Selain informasi yang biasa terdapat dalam ensiklopedia, Wikipedia juga berisi artikel-artikel berupa berita-berita yang masih hangat ataupun berita-berita yang populer. Proyek yang dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger ini memang bertujuan untuk mengumpulkan seluruh ilmu pengetahuan manusia. Jadi, siapa saja yang ingin mencari pengetahuan tanpa pungutan biaya, silahkan singgah ke www.wikipedia.org.

Program Hello World

Jika ada pertanyaan tentang apa program pertama yang kalian buat, mungkin sebagian orang akan terpikir tentang program Hello world.Program Hello world yang dalam bahasa Indonesia berarti Halo dunia merupakan suatu program yang biasanya muncul pada tutorial saat pembelajaran suatu bahasa pemrograman, baik itu dari dosen ataupun buku. Dimana, ketika program tersebut di-run hanya akan muncul tulisan Hello world pada layar komputer. Sepertinya Hello world telah menjadi tradisi bagi seseorang yang memulai pelajaran pada suatu bahasa pemrograman, karena sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu Hello world juga dapat digunakan untuk memastikan apakah compiler, development environment, dan run-time environment sudah diinstal dengan benar. Jadi, tidak selamanya membuat program itu susah, tidak selamanya membuat program itu harus bergadang, mulailah dari Hello world.

Pamer Karya di DeviantArt


Bagi pembaca yang senang dengan seni rupa mungkin sudah pernah mendengar atau malah sudah memiliki account di DeviantArt. DeviantArt adalah sebuah komunitas online yang menjadi wadah bagi para seniman -baik yang pro maupun amatir- untuk menunjukkan hasil pekerjaan mereka.Bagi yang sekedar ingin lihat-lihat, DeviantArt juga bisa mengenyangkan mata dan pikiran kita dengan karya-karya yang ada di dalamnya. Cakupan seni rupa di sini sangat luas, pokoknya semua yang bisa dinikmati oleh indera pengelihatan. Dari mulai seni tradisional, seni digital, patung, kerajinan, sampai puisi, dll. Tidak hanya tempat pamer karya seni, terdapat pula semacam forum untuk tanya jawab atau sekedar bertukar pikiran.

DeviantArt pertama diluncurkan pada tanggal 7 Agustus 2000 oleh Scott Jarkoff, Matthew Stephens, Angelo Sotira, dkk. DeviantArt menyediakan domain deviantart.com bagi para anggotanya, ada yang gratis maupun bayar (premium membership). Saat ini, kurang lebih 100.000 karya dari berbagai kategori yang masuk (di-submit para anggotanya) tiap harinya.

Jika cuma ingin mampir dan melihat-lihat, kita tidak perlu melakukan registrasi (menjadi anggota). Tapi jika tergiur untuk ikut memasukkan karya, memberi komentar pada karya orang lain atau bertukar pikiran tentang seni rupa, silakan saja mendaftar. Jika merasa mempunyai karya yang ingin dilihat orang lain, submit saja. Dengan begitu karya tersebut mempunyai kesempatan untuk dilihat orang banyak, bahkan dikomentari. Semua orang bisa membuat karya seni, hanya perlu sudut pandang yang tepat saja untuk menemukan keindahannya.

Sumber Tambahan : Wikipedia

Cara Cepat Membuat Chart (Excel 2007)

Jika boleh memilih, kebanyakan orang mungkin lebih suka melihat diagram dengan tampilan yang menarik dengan pesan yang mudah ditangkap. Tapi bagaimana jika kita harus membuat diagram dengan mendadak atau terburu-buru. Jika Anda pengguna Excell 2007, tidak perlu panik. Karena ada cara cepat yang bisa Anda terapkan.
Begini ceritanya...
1. Blok data yang ingin dibuat diagram

2. Lalu tekan tombol F11, kemudian muncul diagram sesuai dengan data yang dimasukkan

Diagram tersebut merupakan settingan default, jadi tampilannya pun alakadarnya.

Seperti Kaktus

Nggak tau kenapa tiba-tiba saya ingin menggambar dan menulis tentang kaktus. Awalnya saya hanya terpikir tentang sesuatu yang berduri. Tapi tidak mungkin saya membuat tulisan tentang mawar, karena saya bukan tuxedo bertopeng. Jadinya saya memilih tumbuhan yang berasal dari famili Cactaceae tersebut. Setelah mencari bahan tentang kaktus, saya langsung membuat gambarnya (bisa dilihat di atas).
Kaktus merupakan tumbuhan yang hebat, karena dia bisa bertahan hidup di lingkungan yang kering. Di saat tumbuhan hujan tropis berlomba-lomba memiliki daun yang lebar-lebar, kaktus hanya menggunakan duri yang tipis untuk mengirit penguapan air. Selain itu durinya juga bisa digunakan sebagai perlindungan diri dari tangan-tangan jahil. Dibalik tubuhnya yang keliatannya kuat dan cuma begitu-gitu aja, sebenarnya kaktus menyimpan keindahan. Jika dirawat dengan benar dengan suhu dan kelembaban yang sesuai, kaktus juga bisa menghasilkan bunga,
Seharusnya manusia bisa belajar dari kaktus, belajar menghargai apa yang dimiliki dan menggunakannya dengan bijak. Belajar menjadi kuat dan tetap survive dengan kondisi se-ekstrim apapun. Belajar mengolah sesuatu yang orang lain anggap kecil menjadi hal yang bermanfaat.