Seperti Kaktus


Nggak tau kenapa tiba-tiba saya ingin menggambar dan menulis tentang kaktus. Awalnya saya hanya terpikir tentang sesuatu yang berduri. Tapi tidak mungkin saya membuat tulisan tentang mawar, karena saya bukan tuxedo bertopeng. Jadinya saya memilih tumbuhan yang berasal dari famili Cactaceae tersebut. Setelah mencari bahan tentang kaktus, saya langsung membuat gambarnya (bisa dilihat di atas).
Kaktus merupakan tumbuhan yang hebat, karena dia bisa bertahan hidup di lingkungan yang kering. Di saat tumbuhan hujan tropis berlomba-lomba memiliki daun yang lebar-lebar, kaktus hanya menggunakan duri yang tipis untuk mengirit penguapan air. Selain itu durinya juga bisa digunakan sebagai perlindungan diri dari tangan-tangan jahil. Dibalik tubuhnya yang keliatannya kuat dan cuma begitu-gitu aja, sebenarnya kaktus menyimpan keindahan. Jika dirawat dengan benar dengan suhu dan kelembaban yang sesuai, kaktus juga bisa menghasilkan bunga,
Seharusnya manusia bisa belajar dari kaktus, belajar menghargai apa yang dimiliki dan menggunakannya dengan bijak. Belajar menjadi kuat dan tetap survive dengan kondisi se-ekstrim apapun. Belajar mengolah sesuatu yang orang lain anggap kecil menjadi hal yang bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment