Ekstensi pada Windows

Pada saat ingin mencari suatu file di komputer, kita biasanya melihat terdapat tiga huruf (bisa lebih) di belakang nama file yang dibatasi tanda titik ‘.’, itulah yang dinamakan ekstensi pada file. Jika tidak ada, coba Kik Tools yang terdapat pada menu bar, lalu pilih Folder Options… . Aktifkan tab View lalu hilangkan tanda centrang pada tulisan Hide extensions for known file types dengan cara mengkliknya. Setelah itu klik Apply lalu OK. Maka muncullah tiga huruf (bisa lebih) yang saya maksud sebelumnya. Ekstensi pada suatu file merupakan sebagian informasi fisik mengenai file yang bersangkutan.
Ekstensi pada file sangat banyak macamnya, tapi fungsinya tetap saja sama, yang paling mencolok yaitu untuk mengetahui jenis file dan program aplikasi apa yang paling tepat untuk membukanya. Penamaan suatu ekstensi biasanya diambil dari jenis filenya. Miasalnya doc untuk file berjenis document, exe untuk executable file (aplikasi), dsb. Berikut ini adalah jenis ekstensi file yang lazim kita lihat :
txt = kependekan dari text, merupakan ekstensi untuk file berjenis plain text, dapat dibuka menggunakan Wordpad atau Notepad.
doc= kependekan dari document, merupakan ekstensi untuk file dokumen yang bisa dibuka menggunakan Ms. Word
pdf = kependekan dari Portable Document Format, merupakan ekstensi untuk file dokumen yang bisa dibuka menggunakan Adobe Acrobat Reader.
ppt = merupakan ekstensi untuk file presentasi yang dapat dibuka menggunakan Ms. Power Point.
xls = merupakan ekstensi untuk file yang dibuat menggunakan Microsoft Excel.
psd = merupakan ekstensi untuk gambar yang dapat dibuka menggunakan Adobe Photoshop.
exe = merupakan kependekan dari executable merupakan ekstensi file aplikasi yang terdapat pada sistem operasi Windows.
jpg dan jpeg = merupakan ekstensi untuk file grafis/gambar yang dapat dibuka menggunakan Ms. Office Picture Manager, ACD See, Nero Photo Snap Viewer, atau yang lainnya.
mp3 = merupakan ekstensi untuk file audio, dapat dibuka menggunakan Winamp, Windows Media Player, iTunes, atau yang lainnya.
Selain yang ada di atas, sebenarnya masih banyak lagi ekstensi yang terdapat pada Sistem Operasi Windows.

0 comments:

Post a Comment